Tips Optimasi SEO Onpage Pada Blog Yang Benar

Tips Optimasi SEO Onpage Pada Blog Yang Benar - Nah kemaren saya sempat bahas tentang Apa Itu SEO ? Dan Definisi dari SEO itu sendiri. Jadi sesuai janji saya kemaren nih gan hari ini saya bakalan membahas artikel tentang salah satu jenis SEO yaitu SEO Onpage blog.

Nah sebelum saya menjelaskan lebih jauh tentang Cara Optimasi SEO Onpage maka sedikit saya jelaskan dulu pengertian tentang SEO Onpage blog itu. SEO Onpage adalah salah satu jenis optimasi SEO pada blog yang pengoptimasiannya dari dalam menyangkut tentang struktur blog atau artikel itu sendiri.

Sekarang agan semua sudah paham kan dengan pengertian SEO Onpage itu?, oke sekarang kita lanjut ke sistem optimasinya. Dalam artikel kali ini saya akan membagi pembahasannya menjadi 2 bagian yaitu SEO Onpage pada struktur template dan SEO Onpage pada artikel blog dan berikut masing-masing pembahasannya.

Tips Optimasi SEO Onpage Pada Blog Yang Benar


1. Optimasi SEO Onpage pada Struktur Template Blog.

SEO Onpage pada struktur template juga wajib kita perhatikan karena pada dasarnya template merupakan penentu dari kesuksesan trafik dan rank pada artikel kita di Google. Template itu bisa disamakan dengan sebuah pondasi, dan jika pondasi kuat maka yang lain pasti juga kuat dan juga sebuah Template juga diibaratkan dengan sebuah rumah dan furniture di dalamnya itu adalah artikel.

Jadi seperti apa Struktur template yang bisa dikatakan sudah teroptimasi SEO Onpage dan bagaimana cara optimasi SEO Onpage pada struktur template ?, berikut saya berikan penjelasannya.

A. Keindahan Template.

Sebuah template yang tampilannya bagus serta enak dipandang maka akan membuat pengunjung betah untuk membaca artikelnya bahkan akan betah berlama-lama di dalamnya. Nah jika pengunjung sudah betah berlama-lama di blog agan maka otomatis itu sudah menjadi penilaian yang baik dimata Google dan dengan mudah artikel pada blog agan akan gampang mendominasi di Google.

Lalu seperti apa template yang enak dipandang dan bisa membuat betah para pengunjung ?, sedikit saya berikan saran kepada agan semua, pada sebuah template setidaknya kita memilih template yang mudah di navigasi dan tidak terlalu norak juga tidak terlalu dipenuhi Widget. Saran saya lebih baik pada sebuah template agan cukup memberikan widget navigasi penting dan pilihlah template yang elegant dan sesuai dengan topik blog agan.

B. Kecepatan Loading Template.

Setelah agan memperhatikan Keindahan Template agan sekarang saatnya agan memperhatikan juga kecepatan loading blog agan agar Optimasi SEO Onpage Pada Blog nya lebih mantap. Kebanyakan para blogger saya perhatikan mereka lebih suka dengan template yang mempunyai struktur yang sangat elegant atau sangat keren, sehingga tanpa disadari mereka memilih template yang loadingnya sangat berat.

Perlu agan perhatikan setiap agan memilih template saya sarankan carilah yang mempunyai kecepatan yang yang cukup dan sesuai dengan peraturan Google. Kecepatan blog tidak hanya berpengaruh pada trafik blog tetapi juga menentukan kualitas konten agan di Google. Agan tidak harus memilih Template yang simple untuk mendapatkan Template dengan kecepatan yang agan inginkan.

Tapi agan bisa menghilangkan beberapa kode HTML atau JS yang tidak diperlukan template tersebut. Akan tetapi jika agan masih belum memiliki pengetahuan tentang kode Template maka agan bisa melakukan test Speed pada setiap template yang akan agan gunakan sebelum akan memakainya.

C. Template Responsive.

Template Rsponsive juga akan sengat mendukung Optimasi SEO Onpage pada blog kita. Seperti apa template blog Responsive itu ?, yaitu template yang bisa menyesuaikan berbagai media internet seperti mobile dan dekstop. Apalagi setelah google sempat mengumumkan perilisan algoritma Mobile Geddon yang lebih mengutamakan blog yang responsive.


D. Penempatan Tag Heading Yang Benar.

Masih banyak saja saya perhatikan para blogger tidak memperhatikan tag heading pada blog mereka, apalagi dalam mengatasi tag h1 pada logo saat di test di situs chkme.com , Sedikit saya beritahukan pada agan semua, memang pada saat agan menempatkan tag h1 pada logo template agan dapat membuat tag h1 menjadi terdeteksi di chkme.com.

Tapi agan sendiri tahu tidak memberikan tag h1 dengan cara yang tidak benar pada logo blog dapat membuat tag heading menjadi tidak teratur pada artikel blog dan dampaknya akan buruk pada artikel blog agan. Nah tentang tutorial Cara menempatkan tag heading yang benar di blog akan saya bahas di artikel selanjutnya karena disini saya hanya akan membahas tentang Tips Optimasi SEO Onpage Pada Blog Yang Benar jadi silahkan bersabar.

E. Meta Deskripsi, Keyword, Dan Robot.

Meta tag merupakan bagian yang cukup penting pada sebuah template tapi tahukan agan bahwa menggunakan meta tag yang tidak tepat dapat berdampak buruk pada blog kita ?. Nah itulah yang sering dilupakan oleh para pemula blogger, mereka masih saja percaya dengan meta tag ajaib yang diberikan oleh blog-blog yang ada di Google.

Padahal meta tag itu hanya mendukung sedikit dari Optimasi SEO Onpage pada blog tidak berpengaruh pada trafik melainkan pada index blog kita. Pada hakikatnya meta tag yang sangat diperlukan itu hanya 3 yaitu Meta tag Deskripsi, Keyword dan Robot yang akan membantu blog kita agar lebih mudah ditemukan serta terindex di mesin pancari Google.

Nah mungkin hanya itu yang perlu di perhatikan dalam Optimasi SEO Onpage pada template blog. Sekarang saatnya kita membahas SEO Onpage pada Artikel blog yang perlu agan perhatikan dan berikut pembahasannya.


2. Optimasi SEO Onpage Pada Artikel Blog.

SEO Onpage pada artikel blog kita tentunya juga sangat perlu kita perhatikan apalagi artikel merupakan kunci utama dari trafik blog kita. Tentunya setelah kita mengoptimasi Struktur Template blog sekarang saatmnya kita perhatikan juga struktur Artikel agar nantinya lebih gampang untuk menang di pencarian Google. Lalu apa saja yang perlu di perhatikan pada struktur artikel untuk Optimasi SEO Onpage Blog nya?.

A. Tag Heading Pada Laman Artikel Blog.

Mungkin yang satu ini tidak pernah dibahas oleh blogger lain tapi disini saya bahas karena ini juga sangat penting untuk di perhatikan. Nah seperti yang tadi sempat saya katakan yaitu ketika agan menaruh tag h1 pada logo blog agan secara tidak benar maka secara otomatis tag h1 tersebut juga terindex di laman artikel blog agan dan akibatnya tag h1 tersebut menjadi duplikat saat agan beralih ke laman Artikel.

Lalu apa dampaknya ?, pernah kah agan membaca bahwa tag h1 hanya boleh ada 1 pada setiap laman blog dan jika terdeteksi 2 maka itu akan berdampak sangat buruk pada sistem index artikel blog kita. Karena tag h1 merupakan bagian terpenting pada sebuah struktur artikel maupun template. Untuk pembahasan masalah ini mungkin akan saya bahas juga diartikel selanjutnya.

B.Penempatan Keyword Yang Benar Pada Artikel Blog.

Keyword merupakan element penting Optimasi SEO Onpage Blog yang wajib ada pada setiap Artikel blog kita, karena keyword ini sangat menentukan posisi artikel blog kita di Google. Jika menurut si Mbah Google keyword yang ada pada artikel blog kita sangat memenuhi syarat dalam pencarian maka tanpa menaruh backlink pun artikel blog kita akan tetap berada pada halaman pertama pencarian.

Kemudian penempatan keyword LSI juga wajib kita perhatikan dalam artikel yang kita tulis karena terkadang saya perhatikan masih banyak saja blogger yang kurang memperhatikan keyword LSI ini dan menganggap keyword yang mereka pikirkan lebih baik dari pada mencari tahu tentang LSI ini. Tahu tidak terkadang keyword yang kita tentukan sendiri belum tentu baik menurut Google.

Pembahasan mengenai keyword LSI dan cara penempatan keyword dengan benar ini mungkin akan saya bahas di artikel selanjutnya karena seperti yang saya katakan sebelumnya kita disini fokus membahas masalah tentang Tips Optimasi SEO Onpage Pada Blog Yang Benar jadi harap nantikan artikel selanjutnya.

C. Internal Link.

Internal Link adalah sebuah link yang kita taruh pada sebuah artikel yang mengarah ke artikel blog kita yang lainnya yang memiliki kategori yang sama dengan artikel yang kita tulis saat ini. Internal keyword ini memang cukup penting juga keberadaannya karena juga dapat mendukung keyword pada artikel yang kita tulis sehingga dapat mendukung Optimasi SEO Onpage blog kita. Tapi itu juga tergantung dari topik artikel yang kita tulis saat ini.

D. Meta Deskripsi Artikel.

Perlu agan ingat bahwa meta deskripsi tidak hanya perlu kita berikan pada Template blog kita saja melainkan pada artikel kita juga sangat kita perhatikan. Mungkin untuk sekarang ini meta deskripsi ini tidak begitu di perhatikan lagi oleh beberapa kalangan blogger tapi menurut saya emberikan Deskripsi yang benar di Artikel blog dapat memberikan point lebih pada hasil pencarian artikel blog kita nantinya.

Lalu seperti apa Deksripsi yang bagus untuk artikel blog itu ?, nah sedikit saya kasih saran, ketika agan menaruh deskripsi pada artikel blog jangan lupa untuk menempatkan keyword target di dalamnya dan jangan sampai mengulang keyword lebih dari 2 kali.

Nah mungkin hanya ini pembahasa tentang Tips Optimasi SEO Onpage Pada Blog Yang Benar yang bisa saya berikan untuk hari ini dan semoga beberapa cara dalam optimasi SEO Onpage ini bisa menjadi motivasi dan bantuan untuk agan semua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
2 November 2015 at 06:04 delete

:( panjang bgt artikelnya mas (baca via hape java)
tp thx mas info tentang Heading 1 pada logo.

Mantep mas infonya :)

Reply
avatar